Pentingnya Vitamin B12 untuk Ibu Hamil

Pentingnya Vitamin B12 untuk Ibu Hamil

Purityfic Vitamin - Vitamin B12 merupakan salah satu zat penting untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kekurangan jenis vitamin ini dapat mengakibatkan banyak hal, salah satunya bayi yang kekurangan zat besi dan berpotensi anemia. Berikut Vitamin B12 untuk Ibu Hamil

Kenapa Vitamin B12 Penting Selama Masa Hamil?

Manfaat Vitamin B12 untuk Ibu Hamil sangat penting selama kehamilan karena berperan krusial dalam pengembangan dan fungsi otak serta sumsum tulang belakang bay, dan juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Vitamin B12 juga membantu membuat DNA, materi genetik di semua sel bayi.

Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu dengan kadar vitamin B12 rendah selama kehamilan mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami cacat tabung saraf.

Berapa banyak vitamin B12 yang diperlukan oleh ibu hamil setiap hari?

Saat sedang hamil atau menyusui, Anda membutuhkan vitamin B12 sedikit lebih banyak dari biasanya.

  1. Untuk wanita hamil: 2,6 mikrogram (mcg) per hari.
  2. Untuk wanita menyusui: 2,8 mcg per hari.
  3. Untuk wanita yang tidak hamil: 2,4 mcg per hari.

Apa akibat dari kekurangan vitamin B12 selama kehamilan?

Dari segi kesehatan ibu, kekurangan vitamin B12 secara klinis dapat menjadi penyebab infertilitas atau aborsi spontan berulang. 

Memulai kehamilan dengan status vitamin B12 yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko cacat lahir seperti NTD, dan dapat menyebabkan kelahiran prematur, meskipun hal ini memerlukan evaluasi lebih lanjut. 

Selain itu, status vitamin B12 yang tidak mencukupi pada ibu dapat menyebabkan defisiensi nyata pada bayi jika simpanan vitamin B12 yang cukup pada janin tidak disediakan selama kehamilan atau tidak tersedia dalam ASI.

Namun, implikasi memulai kehamilan dan menyusui dengan status vitamin B12 yang rendah belum banyak diteliti.

Apakah suplemen vitamin B12 diperlukan bagi ibu hamil yang vegetarian atau vegan?

Sebuah studi yang dilakukan pada sampel kecil wanita hamil di India menunjukkan bahwa hiperhomosisteinemia menyebabkan hipermetilasi DNA global pada populasi vegetarian karena asupan vitamin B-12 yang rendah selama kehamilan. 

Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan obesitas. Berbagai penelitian lain juga memberikan bukti bahwa wanita hamil yang vegetarian dan vegan berisiko tinggi mengalami kekurangan vitamin B12.

Apa saja sumber makanan terbaik untuk mendapatkan vitamin B12 selama kehamilan?

Berikut buah dan sayur yang mengandung vitamin b12 , yang sangat penting selama kehamilan:

  1. 3 ons salmon Atlantik yang dimasak: 2,6 mcg
  2. 3 ons daging sapi giling, dengan kandungan lemak 85%, dimasak di atas wajan: 2,4 mcg
  3. 8 ons susu 2% lemak: 1,3 mcg
  4. 6 ons yogurt tawar bebas lemak: 1,0 mcg
  5. 1 porsi sereal sarapan yang diperkaya dengan 25% nilai harian untuk vitamin B12: 0,6 mcg
  6. 1,5 ons keju cheddar: 0,5 mcg
  7. 1 butir telur besar yang dimasak: 0,5 mcg
  8. 3 ons daging dada kalkun yang dipanggang: 0,3 mcg
  9. Vitamin B12 secara alami hanya ditemukan dalam makanan hewani (ikan, daging, unggas, telur, dan produk susu).

Jika Anda mencari makanan yang diperkaya dengan B12, sereal sarapan serta beberapa susu kedelai dan susu nabati lainnya adalah pilihan yang baik. Pastikan untuk memeriksa label untuk memastikan kandungan vitamin B12.

Bagaimana pengaruh vitamin B12 terhadap kesehatan tulang dan sel darah merah selama kehamilan?

Suplementasi vitamin B12 selama kehamilan dapat meningkatkan akumulasi massa tulang pada keturunan. 

Kekurangan vitamin B12 selama kehamilan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko hasil kehamilan yang buruk, termasuk berat badan lahir rendah, cacat tabung saraf, dan pembatasan pertumbuhan intrauterin. 

Vitamin B12 dan folat merupakan regulator penting pertumbuhan janin karena berfungsi sebagai donor metil dalam metabolisme satu-karbon, yang mempengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi sel.

Asupan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin B12 adalah 2,4 mikrogram (mcg) untuk orang dewasa, tetapi lebih tinggi untuk orang yang hamil dan menyusui. Selama kehamilan, RDA adalah 2,6 mcg per hari, dan selama menyusui, itu adalah 2,8 mcg per hari.

Suplemen Vitamin yang Tepat Selama Kehamilan

Jika Anda seorang vegan atau vegetarian selama kehamilan, serta tidak mengonsumsi makanan yang diperkaya B12 setiap hari, Anda mungkin memerlukan suplemen vitamin B12. 

Temukan suplemen vitamin yang tepat selama kehamilan bersama ACTIVE
MULTI B COMPLEX. Setiap tablet selaput mengandung Vitamin B Complex (B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, B12), Vitamin C, dan Magnesium.