Tips Tidur Nyenyak di Cuaca Panas

Purityfic Vitamin - Tahun 2023 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat, dan tahun 2024 kemungkinan akan melampauinya.

Seorang Peramal cuaca memperkirakan musim panas yang terik akan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia dengan suhu di atas rata-rata.

Studi menunjukkan bahwa suhu tinggi membuat sulit untuk tertidur, sehingga membahayakan sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, kinerja kognitif, hingga suasana hati.

Tips Tidur Nyenyak di Cuaca Panas

“Tidur penting untuk sejumlah area kesuksesan kita saat bangun tidur. Ini memungkinkan kita untuk bangun dan menjadi segar serta produktif. Hal ini penting bagi hubungan kita, cara kita memperlakukan orang yang kita cintai, dan kesehatan kita di sejumlah bidang,” Rebecca Robbins, PhD, ilmuwan tidur di Brigham and Women's Hospital dan asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Sepanjang malam, tubuh melakukan siklus melalui tahapan tidur yang berbeda. 4 Karena pengaturan suhu tubuh kurang efektif pada tahap-tahap tertentu, ruangan yang panas mungkin membangunkan Anda sehingga tubuh Anda dapat melanjutkan termoregulasi, kata Robbins.

“Itulah mengapa suhu merupakan komponen penting dari tidur malam yang sehat,” tambahnya.

Robbins merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar tidur Anda antara 18-26 derajat celcius untuk tidur yang optimal. Berikut beberapa strategi lain yang juga dapat membantu tetap sejuk dan tidur lebih nyenyak di cuaca panas.

Jadikan Lingkungan Tidur Anda Lebih Sejuk

Berpikir kreatif tentang pengaturan tidur dapat membantu, jadi cobalah mencari tempat di rumah Anda yang “paling sejuk dan memiliki aliran udara paling banyak,” kata Robbins.

Menggunakan daun jendela atau gorden dan membuka jendela di siang hari dapat membantu mendinginkan ruangan Anda sebelum waktu tidur. Menggunakan kipas angin juga dapat membantu meningkatkan aliran udara pada malam musim panas.

“Anda dapat meletakkan es di belakang kipas angin untuk meniupkan udara yang lebih sejuk sehingga setidaknya Anda dapat tidur lebih nyenyak,” kata John Saito, MD , pakar pengobatan tidur bersertifikat di Fountain Valley, California.

Mandi Tidak Terlalu Hangat

Meskipun mandi air dingin selalu menjadi cara yang tepat untuk menenangkan diri dengan cepat, penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas beberapa jam sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mudah tertidur.

Namun, airnya tidak boleh terlalu panas, kata Carl W. Bazil, MD, PhD , seorang profesor neurologi di Columbia University Medical Center.

“Mandi air hangat akan mengirim tubuh Anda ke mode pendinginan, yang kami tahu dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena suhu tubuh Anda biasanya turun di malam hari,” kata Bazil

“Tetapi jika suhunya terlalu hangat, hal ini mungkin akan memperparah keringat dan rasa tidak nyaman di kamar tidur yang terlalu hangat. Kalau begitu, mandi air dingin mungkin lebih baik.”

Praktikkan Kebersihan Tidur yang Baik

Tidak selalu mungkin menciptakan lingkungan tidur yang sempurna, terutama saat cuaca panas. Menjaga rutinitas waktu tidur yang baik tetap penting di musim panas, karena stres dan kecemasan dapat menurunkan kualitas tidur.

Pakar tidur mengatakan bahwa kebiasaan kebersihan tidur secara umum—seperti menjaga waktu tidur tetap konsisten dan mematikan layar satu jam sebelum tidur—dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, bahkan dalam cuaca panas.

“Menghindari makan mendekati waktu tidur, menghindari alkohol, dan juga menambahkan waktu untuk beristirahat dan melepas lelah sebelum tidur adalah hal yang baik bagi kita semua, terutama jika Anda sedikit khawatir tentang kesulitan tidur karena suhu,” kata Robbins.

You might also like